Featured Post

6/recent/ticker-posts

ESAI-Tawuran Antar Pelajar



Tawuran Antar Pelajar

          Indonesia mengalami banyak masalah sosial,salah satu yang marak terjadi adalah tawuran.Tawuran pelajar menjadi momok yang menakutkan pada era tahun 90 dan meledak begitu masif dan radikal di pertengahan tahun 1996. Setelah tahun 2000,tawuran pelajar masih sering terjadi dikalangan para pelajar sekolah.
          Tawuran  biasanya terjadi di antara dua sekolah yang sedang ada konflik/pertentangan.Pelaku tawuran kebanyakan adalah pelajar tingkat sekolah menengah atau sering disebut pelajar yang memasuki masa remaja.
          Pemicu tawuran antara lain terjadinya perkelahian antara siswa dari dua sekolah berbeda yang menyebabkan pecahnya perkelahian massal diantara para siswa,sikap cinta berlebihan dengan sekolahnya dan meremehkan sekolah sekolah lain,sikap kurang menahan emosi saat terjadi pertengkaran , kurangnya  bimbingan orang tua,guru,dan sekolah dalam psikologi dan moral siswa.
          Tawuran sering terjadi karena pertengkaran antara dua siswa dua sekolah berbeda.Pertama tama mereka bertengkar adu mulut,kemudian adu otot,akhirnya teman teman dua siswa tersebut ikut bertengkar hingga ke jalan raya dan berlangsunglah tawuran antarpelajar sekolah yang berbeda.Mereka tidak hanya adu otot ,mereka juga melemparkan batu batuan , bahkan ada yang membawa senjata tajam hingga melukai siswa lain.


Para warga yang melihat kejadian itu akan segera menelepon aparat keamanan setempat. Setelah aparat keamanan datang,para pelaku tawuran segera diamankan ke kantor kepolisian setempat dan tawuran pun bubar.Para pelaku mendapatkan berbagai jenis hukuman , diantaranya push-up,diskors,bahkan dikeluarkan dari sekolah.
Tawuran berdampak bagi pelaku,orang tua pelaku,sekolah,bahkan masyarakat. Pelaku mendapatkan hukuman seperti push-up,skors,bahkan dikeluarkan dari sekolah.Pelaku juga mengalami luka karena terkena senjata tajam . Bagi orang tua tentulah orang tua sangat malu melihat anaknya menjadi pelaku tawuran.Nama baik orang tua akan jatuh dan harus menanggung beban jika anaknya menjadi korban luka.Nama baik sekolah dapat jatuh pula apabila siswa di sekolahnya menjadi pelaku tawuran.Masyarakat juga harus menanggung dampak dari tawuran.Gedung rusak dan fasilitas publik rusak adalah dampak tawuran bagi masyarakat.
Untuk mencegah  tawuran,para siswa,orang tua, dan sekolah berperan penting.Para siswa harus bisa mengontrol emosinya jika terjadi sesuatu yang menyebabkan emosi naik.Orang tua mengawasi pergaulan anaknya dan lebih memperhatikan anaknya.Sekolah dapat membekali siswa dengan bimbingan psikologis siswa dan bimbingan moral kepada siswa agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti tawuran.
Tawuran adalah hal yang tidak diinginkan oleh semua pihak,tapi karena tawuran sering terjadi,seluruh pihak harus berperan dalam mencegah tawuran karena tawuran dapat merugikan kepada seluruh pihak. 

#ardikadhafka

Posting Komentar

1 Komentar

Ad Code

Responsive Advertisement